Jumat, 12 Oktober 2012

Kabocha, Berjuta Manfaat Untuk Kesehatan



Tentang kuliner di Jepang. Tahukah Anda ada sejenis buah yang bernama kabocha di Jepang? Kabocha adalah sejenis labu (pumpkin) yang berbentuk bulat dan sedikit pipih. Daging isinya berwarna jingga apabila telah masak. Ini sejenis labu yang biasanya digunakan sebagai bahan pembuat boneka kepala untuk acara Halloween di Amerika Serikat. Waluh atau Buah Labu Perenggi adalah salah satu tanaman yang banyak tumbuh di Indonesia. yang mana penanamannya tidak sulit, baik pembibitannya, perawatanya, hasilnyapun cukup memberikan nilai ekonomis untuk Masyarakat.
Genus cucurbita mempunyai lebih dari 25 spesies, daerah asalnya dari Mexico. Buah, daun dan bunga dapat digunakan sebagai sayuran, sedangkan biji labu kuning dapat dikonsumsi sebagai makanan ringan.  Dalam 100 g bagian yang dapat dimakan terkandung 85-91 g air, 0.8-2.0 g protein, 0.1-0.5 g lemak, 3.3-11.0 g karbohidrat, 340-7800 IU vitamin A, 0.07-0.14 mg vitamin B1, 0.01-0.04 vitamin B2, 0.5-1.2 mg niacin, 6-21 mg vitamin C, 14-48 mg Kalsium, 70 mg Fe, 16-34 mg Mg, 21-38 mg P, dengan total energi sebesar 85-170 kJ.  Melihat dari kandungan tersebut terlihat bahwa labu kuning merupakan sumber vitamin A.
zat gizi dalam labu, diantaranya :
  • Vitamin A dan beta karoten. Betakaroten adalah pigmen warna kuning-oranye yang jika dicerna di dalam tubuh kita, akan berubah menjadi vitamin A. fungsi vitamin A dan beta karoten antara lain berguna bagai kesehatan mata dan kulit, kekebalan tubuh serta reproduksi. Selain itu, zat gizi ini mempunyai manfaat sebagai antioksidan sehingga dapat mengurangi risiko terjadinya kanker dan penyakit jantung.
  • Vitamin C. Salah satu jenis vitamin yang larut dalam air ini, sangat diperlukan untuk metabolisme tubuh. Vitamin C juga berperan pada fungsi kekebalan tubuh dan sebagai antioksidan.
  • Zat besi. Zat gizi ini terutam diperlukan dalam pembentukan darah, khususnya hemoglobin (Hb). Makanan yang mengandung zat besi perlu, karena belak zat besi dari ibu saat bayi dilahirkan akan berangsur-angsur habis.
  • Kalium. Fungsi utama kalium adalah menunjang kelancaran metabolisme tubuh. Hal ini penting dalam menjaga keseimbangan air dfan elektrolit (asam-basa) di dalam sel tubuh.
  • Kelebihan lain dari labu kuning adalah kandungan seratnya yang tinggi, bermanfaat mengurangi resiko sembelit. Di samping itu, kandungan lemak labu kuning juga rendah, sehingga tak perlu takut balita mengalami kegemukan asal dikonsumsi dalam jumlah yang wajar.
 
Kabocha atau Labu Jepang
 
 
 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar